Monday, July 23, 2018

Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Pada Android

Memori Internal merupakan komponen vital pada android, mengingat peranya sebagai media penyimpanan yang terbagi menjadi beberapa penyimpanan bagian yaitu, System, Internal Storage dan ROM. Jadi semisal anda membeli smartphone android dengan spesifikasi Memori internal 8 GB, tapi yang tersisa kok cuma 6 GB.

"Terus sisanya ilang kemana nih memori ?

Tenang jangan salah sangka dulu gan, memori sisanya sebenarnya tidak hilang akan tetapi dialokasikan untuk, ROM (Read Only Memory) dan untuk menyimpan sebuah sistem operasi pada smartphone android anda.

Akan tetapi, pengaturan jumlah memori pada setiap android berbeda beda, tergantung pabrik pembuatnya. jadi intinya jangan salah sangka dulu, terkait dengan Memori Internal.

Memori internal berfungsi sebagai default penyimpanan aplikasi hasil download, jadi jika anda mendownload aplikasi,  maka secara omatis akan tersimpan di memori internal, selain itu memori internal juga menjadi default penyimpanan aplikasi lainya yang sedang dijalankan, seperti penyimpanan gambar pada Whatsapp, penyimpaan data pada Game Online (Mobile Legend, PUBG, dan lain sebagainya.)

Mengingat banyaknya data yang harus disimpan oleh memori internal, hal itu menyebabkan memori internal menjadi cepat penuh, yang menimbulkan berbagai macam gejala penyakit pada android anda. untuk itu kita harus mengetahui sebab musababnya kenapa memori internal cepat penuh, sehingga kita dapat melakukan langkah pencegahan.

Memori Internal Cepat Penuh

Ketika anda sedang menginstall aplikasi tiba tiba muncul pemberitahuan bahwa memori anda sudah penuh, lalu anda bertanya tanya ke diri anda sendiri, padahal perasaan kemaren sudah uninstall beberapa aplikasi, kok penuh lagi ya.

Hal itu disebabkan oleh banyak faktor, anda harus mengatuhi faktor faktor tersebut agar anda dapat meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan pada smartphone kesayangan anda.

Faktor Yang Menyebabkan Memori Internal Cepat Penuh

1. Cache yang menumpuk, semua orang pasti sudah familiar dengan istilah cache, tapi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan cache itu ? cache merupakan file sementara yang tersimpan di internal android.

2. Banyak data aplikasi yang tersembunyi, semisal whatsapp, pada aplikasi ini ada banyak sekali data yang tidak kita ketahui tempat keberadaanya, yang kita ketahui hanyalah tiba tiba data dari aplikasi ini meumpuk.

3. Pengaturan default penyimpanan data aplikasi, penyimpanan  default pada data aplikasi pada kebanyakan ponsel android terletak di memori internal, jadi jika semakin lama anda menggunakan aplikasi, maka akan semakin banyak juga data yang tersimpan di memori internal.

4. Aktifnya fitur auto download pada whatsapp, jika anda belum mengetahui fitur ini, mungkin hal inilah salah satu penyebab penuhnya memori internal, fitur ini berfungsi untuk menyimpan data secara otomatis, gambar atau vidio yang dikirim melalui pesan whatsapp, jadi jika fitur ini aktif memori internal akan digunakan sebagai tempat penyimpanan.

5. Adanya data dari aplikasi aplikasi yang telah diuninstall yang tertinggal pada memori internal anda, sehingga lama kelamaan akan menumpuk.

6. Foto atau Vidio, saat ini hampir seluruh kamera smartphone dibekali dengan resolusi tinggi, namun resolusi tinggi mengakibatkan ukuran foto atau vidio yang kita ambil menjadi lebih besar, sehingga menyebabkan memori internal anda cepat habis.

7. Tidak adanya memori eksternal, hal ini mengakibatkan memori internal bekerja sendirian, sebagai tempat penyimpanan mutlak dari semartphone android anda

Lalau bagaimana untuk mengatasi berbagai masalah yang disebabkan oleh faktor faktor di atas, dibawah ini solusinya.

Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh 


1. Rutin Hapus Cache minimal tiga hari sekali, cache yang tidak dihapus secara berkala menyebabkan ukuran dari cache tersebut semakin membesar, hal ini disebabkan oleh berbagai aplikasi yang dijalankan dalam jangka waktu yang lama, sehingga data sementara dari berbagai aplikasi tersebut makin membesar. jika dibiarkan maka akan berdampak terhadap memori internal.

2. Cari data dari aplikasi yang sekiranya tidak penting lalu hapus, semisal data dari aplikasi whatsapp yang sangat besar, anda bisa mencarinya di Internal >> Whatsapp didalam folder itu, anda bisa menghapus yang namanya database, jika memang file yang berada didalamnya tidak diperlukan, atau anda bisa membuka folder Internal >> Whatsapp >> Media, lalu tinggal hapus folder mana yang sekiranya tidak dibutuhkan.

3. Jangan gunakan memori internal sebagai memori penyimpanan utama, langkah ini dapat anda lakukan apabila smartphone anda sudah terpasang memori eksternal. Jika smartphone anda sudah terpasang memori eksteral, anda bisa mengatur memori eksternal sebagai lokasi penyimpanan utama caranya, anda bisa pergi ke Pengaturan >> Penyimpanan >> Lokasi Penyimpanan Default. lalu pilih memori eksternal sebagai penyimpanan utama.

4. Matikan fitur auto download di setiap media sosial atau aplikasi laiya, hal ini dilakukan untuk mencegah aplikasi tersebut mendownload secara otomatis file yang diterima, jika fitur ini sedang aktif, ketika anda membuka koneksi data pun, maka secara otomatis foto atau vidio terdownload ke memori,
  
"lantas bagaimana mematikanya ?

Sebagai contoh aplikasi whatsapp, cara mematikanya anda tinggal pergi ke Menu Whatsapp >> Tombol Titik Tiga >> Setelan >> Penggunaan Data dan Penyimpanan Disana anda tinggal mengatur setelan sesuai keinginan hati. Tentunya metode untuk mengatur fitur ini pada setiap aplikasi berbeda.

5. Uninstall aplikasi dengan tepat, yaitu dengan menghapus terlebih dahulu data dari aplikasi yang ingin diuninstall, namun jika sudah terlanjur cari saja potongan potongan data yang tertinggal pada memori internal kemudian hapus data tersebut.

6. Maksimalkan strategi berfoto, jika anda adalah pecinta fotografi namun anda terbentur pada jumlah memori internal, maka anda harus memiliki strategi dalam berfoto semisal metode pengalihan penyimpanan atau back-up ke laptop, mengatur resolusi kamera jika memang dioperlukan, pasang memori eksternal berkapasitas tinggi, penghapusan secara berkala juga diperlukan untuk mengatasi memori cepat penuh.

7. Cara terakhir dari mengatasi penyimpanan internal hampir penuh yaitu Pasang memori eksternal, ini merupakan kartu AS untuk menangani kasus memori internal cepat penuh, dengan adanya memori eksternal yang dipasang, maka memori internal anda dapat berbagi tugas dengan memori eksternal, sehingga kapasitas meori internal tidak cepat habis.

Mungkin sudah cukup pembahasan kali ini mengenai "Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Pada Android" sampai jumpa di artikel selanjutnya, semoga artikel ini dapat sedikit membantu, terimakasih.

Pencarian Terkait :
memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi
cara mengatasi memori internal penuh
kenapa memori internal samsung j2 prime cepat penuh
cara mengatasi memori internal penuh pada j2 prime
cara mengatasi memori internal penuh pada android tanpa root
memori internal android tiba tiba penuh
memori internal android penuh sendiri

Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh Pada Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sefri

0 komentar:

Post a Comment