Saturday, November 30, 2019

Cara Mengatasi HP Lenovo Dicargher Hanya Muncul Logo Berkedip

Penyebab Android Lenovo Dicargher Hanya Muncul Logo - Pada perangkat android sering kali terjadi permasalahan, Produk android lenovo menjadi salah satu yang  paling  sering mengalami kerusakan  baik dari segi software maupun hardaware.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada Hp Lenovo adalah tidak bisa menyala dan saat dicargher hanya muncul logo yang berkedib kedip dengan interval sekitar dua detik, akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui penyebab terjadinya kerusakan tersebut.

Maka dari itu pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya dalam menghadapi permasalahan tersebut, anda hanya perlu membaca artikel ini sampai tuntas.

Kenapa HP Lenovo Hanya Muncul Logo Saat Di Cargher dan Tidak Bisa Menyala ?


Ada 2 masalah yang mungkin terjadi, diantaranya adalah, di sebabkan karena kerusakan baterai, dan yang kedua disebabkan oleh kerusakan mesin (pcb). Untuk mengetahui kerusakannya ada di mana kita harus mengecek satu per satu dahulu.

1. Kerusakan Baterai

Benda pertama yang harus di cek adalah baterai, apakah baterai rusak atau tidak. Cara cek nya adalah silahkan ganti baterai hp anda dengan yang baru, jika di ganti dengan yang baru hp bisa menyala, jadi jelas dong yang rusak adalah baterainya.

Namun jika anda eman untuk membeli batarai yang baru, anda dapat mencoba sedikit tips ini :
Coba gosok kuningan yang ada pada baterai hp menggunakan benda yang tajam hingga terlihat seperti ada lapisan yang tergores. Lapisan yang terkelupas tersebut adalah pelindung tembaga, setelah itu coba pasang baterai lagi ke hp dan coba nyalakan hp.

Cara tersebut berguna untuk memastikan area min (-) dan plus (+) pada baterai mengalirkan listrik ke mesin secara stabil dan tidak tersendat sendat yang akhirnya dapat membuat mesin hp nyala dan mati sendiri.

Jika cara tersebut tidak bisa megatasi masalah tersebut, kita akan lanjut ke pembahasan cara penyelesaian masalah yang kedua.

2. Kerusakan Mesin

Untuk kerusakan mesin ini biasanya disebabkan oleh 2 hal, softwarenya yang rusak ata hardwarenya yang rusak. Inilah yang harus dilakukan :

Jika Software (Firmware) yang Rusak

Maka anda harus melakukan proses flashing kepada hp anda menggunakan firmware baru untuk mengatasi apabila ada bootloader yang rusak sehingga mengakibatkan hp gagal booting yang ditandai munculnya logo lenvo yang berulang kali muncul / bootloop (restart sendiri)

Jika Hardware (Komponen) yang Rusak

Maka dari sini kami tidak bisa mengusahakan apa apa lagi. Langkah yang paling aman adalah bawa ke tempat service hp, karena semua peralatan untuk service komponen ada di sana. Untuk perbaikan hardware untuk kasus kerusakan seperti ini biasanya agak mahal.

Kerusakan seperti ini bisa saja disebabkan oleh emmc yang mulai lemah sehingga harus dilakukan direct flasher menggunakan box (alat bantu flash tanpa processor) agar data firmware dapat terbaca lagi oleh emmc yang sudah mulai melemah.

Sekian pembahasan Cara Mengatasi HP Lenovo Dicargher Hanya Muncul Logo Berkedip dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba.

Cara Mengatasi HP Lenovo Dicargher Hanya Muncul Logo Berkedip Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sefri

0 komentar:

Post a Comment